Kamis, 16 Maret 2017

Sehat ?

Mengangkat kata sehat, mari kita uraikan apa itu sehat. Setelah aku search di google ternyata para ahli masih silang pendapat tentang apa itu sehat. Aku mengambil jalan tengah dengan mengutip dari asosiasi kesehatan dunia, dan sehat memiliki tiga pengertian.

Yang pertama sehat menurut WHO. Sehat menurut WHO dibagi 3 bagian yaitu sehat rohani, jasmani dan jaskiding. Sehat jaskiding yaitu kita harus banyak-banyak bercanda untuk pola hidup yang sehat.

Yang kedua sehat menurut WWF. Sehat menurut WWF yaitu sehat yang banting tulang, ya seperti smack down.

Yang ketiga sehat menurut WOI. Sehat menurut WOI yaitu sehat basa-basi. Ketika ada teman mengatakan “Woi, apa kabar, sehat?” Ya perlu banyak basa-basi biar sehat.

Dalam menjaga kesehatan kita harus menjaga pola makan dan olahraga. Bicara pola makan harus kita atur dengan tepat. Seperti salah satu teman aku, dia menjaga pola makan agar perutnya menjadi rata atau sixpack. Akhirnya dia puasa Senin/Kamis. Ya sahur hari Senin, buka hari Kamis. Dan alhamdulillah sekarang sudah rata, ya menjadi rata sama tanah. Artinya apa, mari kita jaga pola makan yang tepat.

Dalam hidup sehat, banyak cara yang dapat dilakukan. Seperti :
1.      Bangun pagi untuk mencegah penyakit diabetes
2.      Banyak minum air putih
3.      Olahraga agar terjadi pembakaran kalori dalam tubuh sehingga metabolisme berjalan lancar
4.  Terakhir perlu banyak refreshing otak dan pikiran. Karena dengan pikiran yang penat akan mempengaruhi kesehatan tubuh. Jadi perlu adanya sesuatu yang menjadi kesenangan kita untuk kita lakukan.

Olahraga yang teratur baik untuk kesehatan, seperti jalan kaki atau lari kecil. Olahraga seperti sepak bola, basket dan sebagainya juga bagus untuk menjaga kebugaran tubuh. Seorang temanku dia adalah anak basket, jadinya dia dipanggil abas. Ada juga anak voli, dipanggil jadi ali. Temanku ada juga hoby lari, dia anak jogging, tetapi panggilannya disingkat menjadi tidak enak, menjadi anji*g (oops).
Aku menyadari dalam membahas artikel tentang kesehatan ini, aku belum tentu memiliki hidup sehat. Kita sering lupa bahwa nikmat Tuhan yang paling luar biasa ada 2, yaitu waktu dan kesehatan. Selayaknya mari bersyukur dengan diberikan kesehatan sehingga bisa menjalani kehidupan yang penuh liku-liku suka dan dukanya.

Bicara syukur atas nikmat waktu, untuk memahami makna satu tahun mari tanyakan pada siswa yang tidak naik kelas. Untuk memahami makna satu bulan, tanyalah pada seorang ibu yang melahirkan bayi prematur. Untuk memahami makna satu minggu, tanyalah pada imam sholat Jumat. Untuk memahami makna satu hari, tanyalah pada pekerja dengan gaji harian. Untuk memahami makna satu jam, tanyalah pada seorang pria yang sedang menunggu kekasihnya. Untuk memahami makna satu menit, tanyalah pada seseorang yang ketinggalan kereta atau pesawat. Untuk memahami makna satu detik, tanyalah pada seseorang yang selamat dari kecelakaan.

Kita sudah semestisnya harus berusaha dan berjuang didunia ini. Jangan pernah menyerah selagi bisa. Ketika kita sehat kita pasti punya seribu keinginan. Maka perjuangkan agar keinginan itu tercapai. Karena ketika kita sakit, keinginan kita hanya akan ada satu, yaitu ingin sehat. Jadi dengan tubuh yang sehat mari sama-sama mengejar mimpi dan takhlukkan dunia.

Tidak ada komentar: