Selasa, 09 Februari 2016

Apa hal yang paling istimewa dari dirimu ?

"Pertanyaan ini dikutip dari pertanyaan otomatis dari ask.fm"

Orang hebat itu adalah orang yang mampu menunjukkan kelebihannya dan menutupi kekurangannya. Saya percaya bahwa setiap orang memiliki kelebihan dan kekurangan. Orang dapat melihat istimewa orang lain karena mereka melihat kelebihan dan tidak terlihat apa kekuranganya.
            Lari dari judul sejenak, segala sesuatu memiliki dua sisi yang berbeda dan berlawanan. Maksudnya seperti yin yang, kutub utara selatan, postif negatif, dll. Artinya setiap manusia mempunyai dua sifat yang berlawanan. Orang yang terlihat baik karena dia mampu menutupi keburukannya. Orang terlihat ramah karena dia mampu menutupi kecuekannya. Seperti film Titanic, jadi ibarat gunung es di lautan, gunung es yang terlihat kecil mengambang di atas air, sebenarnya dibawahnya sangat besar. Jadi seseorang bisa menunjukkan sikap yang baik, karena dia mampu menahan dan menutupi sikap buruk yang sangat dahsyat itu. Dapat dilogikakan sebenarnya semua orang memiliki dua sikap, yaitu baik dan buruk. Tetapi bagaimana dia bisa menunjukkan sikap baiknya dan menutupi sikap buruknya. Seperti dalam salah satu perkuliahan saya, bahwa moral adalah sesuatu yang harus kita lakukan. Artinya jika melakukan sesuatu sesuai apa yang diinginkan itu artinya tidak bermoral.
            Kembali ke judul sesuatu yang istimewa dari saya, bisa dibilang saya tidak mengetahuinya. Setiap orang dapat menilai saya dari sudut pandang mereka yang berbeda-beda. Nah, ini yang jadi catatan (mungkin diluar konteks judul lagi) bijaklah dalam menanggapi penilaian orang. Setiap orang memiliki sudut pandang yang berbeda-beda, jadi penilaiannya juga berbeda-beda. Jika kita menuruti dan mendengar semua penilaian orang lain maka tidak akan ada habisnya tuntutan terhadap kita. Memang ada benarnya sebuah pepatah “Kritikan adalah masukan yang paling baik, karena itu cerminan pada diri kita. Karena dari kritikan kita dapat memperbaiki diri untuk lebih baik”. Tetapi catatatannya adalah apakah semua kritikan dapat membangun, apakah itu positif bagi kita dan apakah kritikan tersebut semuanya benar. Dalam mengkritik, sesorang dapat mengkritik negatif dan menjatuhkan seseorang, terkadang hal inilah yang perlu dikaji. Kritikan memang bagus tetapi terkadang penyampaian ataupun tata bahasanya dapat menjatuhkan psikologis seseorang.
            Dalam hal istimewa dari saya, saya tidak mengetahui jelas apa yang istimewa dari saya. Memang kita dituntut untuk mengenal diri kita, sesuai kata-kata inspirasi “Who am I” yaitu kita merenungkan apa kelebihan dan kekurangan yang kita miliki. Istimewa dalam hal ini lebih mengacu pada kelebihan. Ya, bisa dibilang istimewa adalah seuatu yang berbeda yang tidak dimiliki oleh kebanyakan orang. Ya menurut saya, hal yang istimewa dari diri saya yaitu saya memiliki motivasi yang tinggi, etos kerja tinggi, bekerja keras dan bersungguh-sungguh untuk meraih keberhasilan. Diluar konteksi itu ya tanggapan pembaca sangat diperlukan wkkk.
            Demikian dari satu pertanyaan yang sebenarnya sangat sulit dijawab, dan dari sekian panjang penjelasan jawabannya hanya satu kalimat. Sekian tulisan ini, info lebih lanjut pin saya 523dccde, atau ig @trias_bodro, facebook dan path trias bodro, twitter @triasbodro94, line @triasbodro. Dan ask.fm @triasbodro, di ask.fm teman dapat bertanya pada saya jika tidak mau namanya tertera dapat di anonimkan (seperti belakangan ini tak tahu saya siapa yang bertanya pakai anonim / bikin penasaran hhahah). Sayonara !

Tidak ada komentar: