Kamis, 25 Februari 2016

Hal apa yang pernah kamu lakukan yang membuat kamu dan keluargamu bangga? Dan hal apa yang pernah kamu lakukan yang membuatmu menyesal?

Pertanyaan ini diajukan oleh teman saya tapi enggak usah disebutkan namanya ya. Nanti mendadak terkenal pulak namanya wkkk. Yang kalau chat udah larut malam, saya ditinggal tidur super sekali. Oke itu saja descnya dia.

Hal yang pernah saya lakukan dapat diartikan yang sudah lewat dan dicapai. Mengenai apa yang saya lakukan yang membuat saya dan keluarga bangga, mari kita flash back sejenak. Waktu itu ceritanya SD. Saya sekolah di SD Percobaan Negeri, letaknya di Jl. Sei Petani Medan Baru. Hhaha ceritanya sepertinya sudah usang. Tapi enggak masalah, its sweet memory wkk. Ketika kelas 6 SD, ya saya duduk di kelas 6-C waktu itu. Orang tua dan keluarga saya senang setiap mengambil raport semester saya. Jadi ketika wali kelas membagikan raport kepada orang tua yang datang, di papan tulis dalam kelas ditulis nama-nama yang mendapat rangking 10 besar dan nama saya paling atas. Setidaknya saya bangga atas hasil perjuangan saya, dan keluarga saya bangga atas pencapaian saya. Ya anggap saja, bahwa mereka tidak sia-sia mengeluarkan biaya untuk saya dan hal itu sebagai balasan dari saya bahwa saya menjaga apa yang telah diberikannya. Lumayanlah, sehabis pulang mengambil raport makan mie ayam Mahmud yang letaknya tidak jauh dari SD saya.

Selain itu ketika kelas 6, saya pernah mewakili SD saya olimpiade Matematika se-Kota Medan. Jadi prosesnya ketika itu kami dipilih beberapa murid dari tiap kelas, kemudian dites dengan lembar soal. Setelah itu akhirnya dipilih satu orang, dan saya mewakili SD saya. Ya walaupun enggak menang di olimpiadenya, setidaknya pernah berjuang. Setidaknya saya bangga pernah berpartisipasi dalam ajang itu, walaupun hasilnya tidak menang.

Kedua hal di atas mungkin yang pernah saya lakukan yang membuat saya sekaligus keluarga saya bangga. Terlepas dari kisah yang sudah usang itu, mari kita melangkah lagi. Ketika memasuki usia dewasa saya jarang memberitahu mengenai hal akademik dengan keluarga saya. Saya cukup memberitahu bahwa kegiatan kuliah dan akademik saya berjalan lancar dan tidak ada masalah. Tetapi alhamdulillah saya masih dapat membuahkan prestasi kecil yang membuat saya bangga.

Lari dari judul sejenak, mengenai hal yang pernah saya lakukan yang membaut saya bangga, namun diluar keluarga. Di waktu kuliah, saya dan teman tim saya bangga atas pencapaian saya dan tim saya. Biasanya ketika kuliah, mahasiswa akan terbagi kelompok-kelompok yang berkumpul. Saya dan teman kelas saya awalnya hanya 3 orang, kemudian menjadi 4 orang. Namanya tidak usah disebutin ya, jika teman-teman yang membaca blog ini adalah teman kuliah saya, atau kenal dengan kami mungkin teman-teman tahu. Inilah kami.


Salah satunya juara di lomba cerdas cermat HMJ BDP stipap ketika tingkat 1 dan 2. Dan ketika tingkat 3 kemarin hanya runner up. Ini hasil juara lomba pada tingkat 1, menikmati hasilnya ke Danau Linting. Lumayanlah.


Kemudian ketika tingkat 1, kami juga pernah ikut perlombaan Manajemen pengelolaan sampah kampus STIPAP. Ya walaupun kami juara 4, setidaknya kami bangga, karena peserta lainnya dari tingkat atasan kami. Kami tergolong sebagai mahasiswa baru yang baru mengenal apa itu menjadi mahasiswa. Hasil dari lomba, kami ke Danau Toba lumayanlah untuk sewa mobil dan uang bensinnya.



Oke pertanyaan pertama sudah terjawab. Lanjut ke pertanyaan kedua, mengenai hal yang pernah saya lakukan dan membuat saya menyesal. Sebenarnya kalimat ini sudah saya bahas di artikel yang berjudul “Jika bisa memutar waktu, mau balik ke masa kapan? Dan mengubah apa?” Dalam bahasannya mungkin akan terjawab pertanyaan tersebut. Ya saya minta maaf apabila teman-teman membaca ini dan tidak ada jawabannya sesuai harapan teman-teman. Kalau bicara menyesal, mungkin saya akan menyesal jika saya tidak bisa berhasil dan sukses untuk membahagiakan orang tua saya. Saya ingin melihat orang tua saya bangga pada saya ketika saya bisa membahagiakan mereka, dan jika saya tidak bisa melakukan itu mungkin itu penyesalan dalam hidup saya.

Demikian sepetah dua patah kata dari saya. Mengenai hal apa yang pernah saya lakukan yang membuat saya bangga dan hal yang membuat saya sekaligus keluarga bangga diatas merupakan salah satu dari beberapa yang dapat saya tulis. Dan mengenai hal yang pernah saya lakukan dan membuat saya menyesal juga sudah saya bahas di atas. Semoga teman-teman dapat menarik kesimpulan dan pesan dari tulisan di atas. Terima kasih kepada teman-teman yang meluangkan waktunya 5 sampai 10 menit untuk membaca artikel saya. Tujuan saya hanyalah untuk berbagi pengalaman dan semoga menjadi inspirasi bagi yang membaca dan semoga kita semua mendapat manfaatnya. Jika teman ingin memberikan masukan, cath me at BBM 523dccde atau line @triasbodro atau facebook Trias Bodro (lumayan promosi).

Tidak ada komentar: